Sosialisasi Sertifikasi Produk Halal bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Desa Kramatmanik Kecamatan Angsana
Sosialization of Halal Product Certification for Home Industry Bussines Actorss (IRTP) in Kramatmanik Village Angsana District
Abstract
Sosialisasi produk halal bagi pelaku usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Desa Kramatmanik Kecamatan Angsana merupakan upaya penting dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap standar halal. Dengan meningkatnya permintaan produk halal di pasar global dan nasional, serta pentingnya memastikan produk pangan yang dikonsumsi masyarakat memenuhi standar syariah. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pelaku usaha tentang proses sertifikasi halal, sehingga produk mereka dapat beraing dipsar yang luas. Metode pelaksanaan ini meliputi, penyuluhan dan pendampingan kepada pelaku usaha yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman pelaku usaha tentang pentingnya sertifikasi halal dan membantu meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam mengelola dan mengembangkan usaha memenuhi standar halal, sehingga sosialisasi produk halal dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas produk pangan dan kesejahteraan masyarakat Desa Kramatmanik Kecamatan Angsana. Kegiatan sosialisasi ini juga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadapt standar halal.
Halal product socialization for home-based food industry entrepreneurs in Kramatmanik Village, Angsana District, is a crucial effort to increase awareness and compliance with halal standards. The background of this activity is the growing demand for halal products in the global and national markets, as well as the importance of ensuring that food products consumed by the community meet Sharia standards. The purpose of this socialization is to provide knowledge and skills to entrepreneurs about the halal certification process, so that their products can compete in a wider market. The implementation method includes counseling, training, and direct assistance to entrepreneurs. The results show that halal product socialization can increase entrepreneurs' awareness and understanding of the importance of halal certification. Additionally, this activity also helps improve entrepreneurs' capacity in managing and developing businesses that meet halal standards. Thus, halal product socialization can contribute to improving the quality of food products and the welfare of the Kramatmanik Village community. This activity can also serve as an example for other villages in increasing awareness and compliance with halal standards.
References
Astuti, D., Bakhri, B. S., Zulfa, M., & Wahyuni, S. (2020). Sosialisasi Standarisasi & Sertifikasi Produk Halal di Kota Pekanbaru. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i1.171
Atmadi, G., & Widati, S. R. W. (2013). Strategi Pemilihan Media Komunikasi LPPOM MUI Dalam Sosialisasi & Promosi Produk Halal Di Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, 2(2), 87–97.
Esfandiari, F., Al-Fatih, S., Nasera, F. A., Shaleh, T. R., Rahmawati, A. L., Elfauzi, F. K. A., & Zainsyah, L. A. (2021). Pendampingan Akad dan Sertifikasi Halal MUI serta Edukasi Jaminan Produk Halal pada Minuman Cangloh di Mergosono Kota Malang. Jurnal Dedikasi Hukum, 1(2), 87–99. https://doi.org/10.22219/jdh.v1i2.17607
Khasanah, M. (2020). Peranan Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Halal dalam Membangun Kesadaran Halal: Studi Netnografi. Al-Tijary, 5(2), 139–157. https://doi.org/10.21093/at.v5i2.2116
Mardiansyah, F. V., Wiliyanti, V., Gunawan, I., & Khoiriyah, S. (2024). Sosialisasi Produk Halal Untuk Meningkatkan Kreativitas Umkm Dan Interpersonal Peserta Didik Sdn Tanjung Harapan, Merbau Mataram, Lampung Selatan: Pendekatan Metode Participatory Action ResearcH. Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI), 4(1), 70–79. https://doi.org/10.33019/depati.v4i1.5210
Moerad, S. K., Wulandari, S. P., Chamid, M. S., Savitri, E. D., Rai, N. G., & Susilowati, E. (2023). Sosialisasi Serta Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM di Kabupaten Sidoarjo. Sewagati, 7(1), 11–25.
Museliza, V., Rahma, S., & Suryadi, N. (2023). The Literacy Importance of Halal Certification Socialization for Micro , Small and Medium Enterprises in Pekanbaru City Literasi Pentingnya Sosialisasi Sertifikasi Halal pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Pekanbaru. BATIK: Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 1, 122–130.
Mustakim, Z., Setiawan, O., Chalim, A., & Maulana, M. R. (2022). Sosialisasi Sertifikasi Halal Bagi Umkm Di Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(2), 221. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3995
Pardiansyah, E., Abduh, M., & Najmudin. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.56303/jppmi.v1i2.39
Savitri, N. A., & Putra, R. R. (2022). Sosialisasi Sistem Jaminan Halal Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sewagati, 6(2). https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i2.217
Sekarwati, E., & Hidayah, M. (2022). Pendampingan Dan Sosialisasi Pendaftaran Sertifikasi Halal Menggunakan Aplikasi Sihalal Bagi Pelaku Umkm Kabupaten Purworejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.35315/intimas.v2i2.9010
Ulfin, I., Rahadiantino, L., Harmami, H., Ni’mah, Y. L., & Juwono, H. (2022). Sosialisasi Halal dan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk UMKM Kelurahan Simokerto. Sewagati, 6(1), 10–17. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.14
Wahyuningrum, A., Anasom, H., & Kusmanto, T. Y. (2017). Strategi Dakwah Mui (Majelis Ulama Indonesia) Jawa Tengah Melalui Sertifikasi Halal. Jurnal Ilmu Dakwah, 35(2), 186. https://doi.org/10.21580/jid.v35.2.161




