Pendekatan Efektif melalui Permainan Edukatif Montessori dalam Mencegah Dampak Screen Time pada Anak Usia Pra Sekolah
An Effective Approach through Montessori Educational Games in Preventing The Impact of Screen Time on Preschool Children
Abstract
Anak usia prasekolah berada pada tahap perkembangan kritis, seperti pembentukan identitas dan membangun sosial. Anak berada dalam periode dimana sebagian besar dari aktivitas melibatkan unsur permainan. Penggunaan gadget atau gawai yang dikenal dengan istilah screen time yang berlebihan pada usia yang terlalu dini berdampak tidak baik dan bahkan dapat memunculkan pengaruh buruk bagi anak-anak. Perlu adanya tindakan agar orang tua mengetahui pedoman dalam memberikan screen time bagi anak-anak mereka dengan permainan yang mendidik. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua agar anak dapat terhindar dari dampak screen time dengan permainan edukatif montessori. Metode pengabdian kepada Masyarakat dilakukan menggunakan pendekatan asuhan keperawatan yang terdiri dari lima langkah yaitu identifikasi masalah, menetapkan masalah kesehataan yang ada, perencanaan,implementasi dan evaluasi. Hasil monitoring dan evaluasi dalam program pengabdian kepada masyarakat ini dengan dilakukan post-test mengenai persepsi orang tua terhadap permainan edukatif Montessori. Permainan edukatif Montessori memberikan dampak terhadap persepsi orang tua menjadi lebih lebih baik terutama mengenai keterlibatan orang tua dalam melatih kemampuan motorik dan sensorik anak, sebagai langkah tepat untuk mengurangi dampak screen time yang terlalu lama pada anak. Preschool children are at a critical stage of development, such as identity formation and social development. Children are in a period where most of their activities involve play elements. Excessive use of gadgets or devices, known as screen time at an early age, has a negative impact and can even negatively influence children. Action is needed so that parents know the guidelines for providing screen time for their children with educational games. This Community Service aims to increase parental knowledge so children can avoid screen time's impact with Montessori educational games. The Community Service method that will be carried out uses the nursing care theory, which consists of five steps: identifying problems, determining existing health problems, planning, implementation, and evaluation. This community service program's monitoring and evaluation results were good, as they were conducted by conducting a post-test on parents' perceptions of Montessori educational games. Education for parents about the importance of stimulating children with Montessori educational games has an impact on better parental perceptions of the importance of Montessori games that involve children's motor and sensory abilities as the right step to reduce the impact of too much screen time on children.References
Albata, E. (2025, March 29). 6 Mainan Montessori yang Wajib Dimiliki Anak Usia 3-6 Tahun. Albata. https://www.albata.id/mainan-montessori-anak-usia-3-6-tahun/
Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159
Annisa, N., & Surya, D. (2024). Pengaruh alat permainan edukatif smart geoboard terhadap matematika anak usia 4-5 tahun di TK Kartini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 99–111. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.24802
Aryana, F., Pratama, C., Buti, &, & Azhali, A. (2021, February). Perubahan Lama Screen Time, Pola Tidur, dan Pola Makan pada Anak Sebelum dengan Setelah Kebijakan Belajar di Rumah. SPESIA Prosiding Pendidikan Dokter. https://doi.org/10.29313/kedokteran.v7i1.26597
Ayu Sri Cinthya Uttari, D., & Gusti Lanang Sidiartha, I. (2017). Hubungan antara screen time dengan obesitas pada anak. 6(5), 2303–1395. http://ojs.unud.ac.id/index.php/eum
Cahyani, A., & Atmaja, K. (2021). The Role of Parents in Monitoring the Negative Impacts of Gadget Usage for Early Childhood during Covid-19 Pandemic Era.
Departemen of Health of Western Australia. (2021). Health and Wellbeing of Adults in Western Australia 2021. https://www.health.wa.gov.au/~/media/Corp/Documents/Reports-and-publications/Population- surveys/Health-and-Wellbeing-of-Adults-in-WA-2021.pdf
Dewi, S. L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan pada Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 313–319. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.346
Dhafinta, O., Rusmayadi, Amriani H, S. R., & Dzulfadhilah, F. (2024). Hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di TK Makassar Montessori School. Jurnal Ilmiah Pendidikan dasar, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15013
Fitrotin, U. (2024). Peran Bermain dalam Pengembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. iPaud, 1(1). https://jurnal.staimaba.ac.id/index.php/ipaud/article/view/13
Goldina, R. K. (2022, June 15). Montessori, Mainan Edukasi Anak 3 tahun. Zambuk.co.id. https://www.zambuk.co.id/id/memahami-memar-atau-bengkak-dan-cara-untuk mengatasinya/mainan-montessori-untuk-tumbuh-kembang-anak
Hasna, A. L., & Azizah, U. (2023). The Relationship Between Screeen Time and Social Development of Pre-School Children in Karanglewas District Article Info. Jurnal Promotif Preventif, 6(6), 943–947. https://doi.org/https://doi.org/10.47650/jpp.v6i6.1076
Hudi, I., & Suci, N. D. (2022). Globalisasi dan Gadget Dikalangan Anak Usia Dini: Dampak Penggunaan, Peran Orang Tua dan Guru. Kurnal Pendidikan Tambusai, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4762
Izzaty, R. E. (2017). Perilaku Anak Prasekolah (1st ed.). PT Gramedia.
Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716
Jasarevic, T., Harris, M., & Garwood, P. (2019, April 24). To grow up healthy, children need to sit less and play more. WHO. https://www.who.int/news/item/24-04-2019-to-grow-up-healthy-children-need-to- sit-less-and-play-more
Kardefelt-Winther, D. (2017). How does the time children spend using digital technology impact their mental well-being, social relationships and physical activity? An evidence-focused literature review. https://www.researchgate.net/publication/321724817
Kumalasari, E. P. (2022). Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah : Sebuah Kajian Literatur. Journal Of Health Science Community, 3(1), 73–77.
Maula. Fariha. (2024). Parenting Self Efficacy Kaitannya Dengan Penggunaan Gadget Anak Usia Dini [UIN Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/82567/1/FITK_Fariha%20Maula.pdf
Mayasari, A. (2022, June 27). Dampak Gadget Terhadap Kesehatan Mata. Hermina Hospital. https://herminahospitals.com/id/articles/dampak-gadget-terhadap-kesehatan-mata.html
Nofadina, H., Hidayati, N. O., & Adistie, F. (2021). Hubungan screen time penggunaan smartphone dengan perkembangan sosial anak usia pra sekolah. Jurnal Mutiara Ners, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.51544/jmn.v4i2.1654
PTM-Kemenkes. (2021, September 21). Pandemi Covid-19 ini membuat screen time pada anak meningkat, apa itu “Screen Time”? https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/gangguan-indera- fungsional/pandemi-covid-19-ini-membuat-screen-time-pada-anak-meningkat-apa-itu-screen-time
Pusdatin Kemenkes. (2026). Situasi Balita Pendek 2016.
Saputra, E. E. (2025). The impact of Montessori based learning on early childhood cognitif and social development. Jurnal E-Mas, 1(1).
Setiani, D. (2020). The Effect of Gadget Usage on the Social Development of Children Aged 3-5 Years: Literature Review. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 1732–1739. https://doi.org/10.30994/sjik.v9i2.526
Sholeh, M., Yuliana Rachmawati, R., & Andayati, D. (2022). Edukasi dampak negatif penggunaan gadget dan media internet yang berlebihan bagi anak- anak. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1). http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JPM
Sri Rahayu, N., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Desember, 5(2), 202–210. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40743
Sutarsih, T., & Maharani, K. (2023). Statistik Telekomunikasi Indoneisa (R. Rufiadi, Ed.). Badan Pusat Statistik.
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.
Yonatan, A. Z. (2025, January 18). 6% Anak di Bawah Usia 1 Tahun Sudah Gunakan HP. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/6-anak-di-bawah-usia-1-tahun-sudah-gunakan-hp-Jan9u




