Pendampingan Guru IPA dalam Penyusunan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis STEAM Terintegrasi Etnosains

Science Teacher Assistance in Preparing The Pancasila Student Profile Strengthening Project Module (P5) based on STEAM Integrated with Ethnoscience

  • Farah Erika Universitas Mulawarman
  • Yuli Hartati Universitas Mulawarman
  • Nurul Maghfirah Universitas Mulawarman
  • Nursilawati Nursilawati Universitas Mulawarman
  • Fitri Nur Rahmadani Universitas Mulawarman
  • Laras Resti Wahyuni Universitas Mulawarman
Keywords: Etnosains, modul (P5), STEAM

Abstract

Kompetensi abad ke-21 menekankan penguasaan keterampilan 4C, yakni berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Kurikulum Merdeka mengintegrasikan kebutuhan tersebut melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang relevan dengan isu lingkungan dan dapat diimplementasikan melalui dengan pembelajaran berbasis STEAM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika). Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan pembelajaran STEAM yang berjalan beriringan seiring dengan penerapan P5 di sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru tentang penyusunan modul P5 berbasis STEAM terintegrasi etnosains dan memotivasi guru sebagai pendidik agar terampil dalam menyusun modul P5 yang sesuai. Metode penelitian dilaksanakan dalam bentuk workshop/pelatihan, dan pendampingan dalam membuat modul (P5) berbasis STEAM terintegrasi etnosains. Hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan kegiatan pengabdian, dan evaluasi. Data pendukung penelitian, yaitu pengisian pretest-posttest menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta dengan nilai N-Gain sebesar 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang dan sebagai bahan evaluasi pelaksanaan kegiatan, peneliti memberikan angket respon. Kegiatan pendampingan penyusunan modul P5 berbasis STEAM yang terintegrasi etnosains memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta, terutama dalam meningkatkan pemahaman Guru IPA tentang konsep pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan konteks budaya lokal. 21st-century competencies emphasize the mastery of four key skills: critical thinking, creativity, communication, and collaboration. The Independent Curriculum addresses these needs through the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5), which is particularly relevant to environmental issues and can be effectively implemented through STEAM-based learning (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics). Therefore, it is essential to integrate STEAM learning, which complements the implementation of P5 in schools. The purpose of this community service activity is to enhance teachers' knowledge and skills in developing STEAM-based P5 modules that integrate ethnoscience and to motivate teachers as educators to develop appropriate P5 modules. The research method is implemented through workshops/training and mentoring in creating STEAM-based modules (P5) integrated with ethnoscience. The results of the community service implementation are carried out through three stages: preparation, implementation of community service activities, and evaluation. The supporting data from the research, specifically the pretest-posttest filling, showed an increase in participants' knowledge, with an N-Gain value of 0.57, which falls within the moderate category. As an evaluation material for the implementation of the activity, the researcher provided a response questionnaire. The mentoring activity for preparing the STEAM-based P5 module, integrated with ethnoscience, offered significant benefits for participants, especially in enhancing the understanding of Science Teachers about innovative and relevant learning concepts in the local cultural context.

References

Aini, F.Q., Cahyanto, T. (2024). Pemanfaatan Rempah Dapur sebagai Minuman Herbal untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit di Desa Cimalaka, Sumedang Jawa Barat. Mikroba : Jurnal Ilmu Tanaman, Sains Dan Teknologi Pertanian, 1(3), 78–87. https://doi.org/10.62951/mikroba.v1i3.155

Kusumo, A.R., Wiyoga, F.Y., Perdana, H.P., Khairunnisa, I., Suhandi, R.I., Prastika, S.S. (2020) Jamu Tradisional Indonesia: Tingkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Selama Pandemi, Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 465–471. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i2.2020.465-471

Ladics, G. S., & Woolhiser, M. R. (2006). Mechanisms of immunotoxicity. In R. L. Luebke, R. R. House, & M. I. Kimber. Immunotoxicology and immunopharmacology (73–86). CRC Press.

Mahbub, K., Walid, M., Kurniawan, K., Lestari, Y. E., Mahfur, M., Safitri, E. I., Ratnasari, P. M. D R., Febriani, A. (2024). Buku Ajar Pengantar Ilmu Farmasi. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Mamahit, A. Y., Oktavyanti, D., Aprilyawan, G., Wibowo, M., Ishak, S. N., Solehah, E. L., Farani, S., Ulfain, Suwarni, L., La Patilaiya, H. (2022). Teori Promosi Kesehatan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Matippanna, A. (2022). Hukum kesehatan: Tanggung jawab hukum rumah sakit terhadap pasien dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan. Amerta Media.

Pratama, D. A. O. A., Haryo, A., & Untari, H. (2021). Imunopatologi veteriner. Universitas Brawijaya Press.

Sari, F. P., Munizu, M., Rusliyadi, M., Nuryanneti, I., & Judijanto, L. (2024). Agribisnis: Strategi, inovasi dan keberlanjutan. PT Green Pustaka Indonesia.

Senjawati, M.I., Maryam, M., Afriyuni, A. (2021). Teknologi Pengolahan Minuman Rempah Instan sebagai Peluang Usaha Serta Meningkatkan Daya Tahan Tubuh terhadap Covid 19. JATTEC, 2(2), 103–110. https://doi.org/10.20885/jattec.vol2.iss2.art7

Sutrisno, S., Yulianto, M. E., Ariwibowo, D., Ariyanto, H. D. & Handayani, S. U. (2021) Pengembangan produktivitas minuman kesehatan rempah-rempah melalui granulator yang dilengkapi foto-pasteurisasi–UV untuk meningkatkan imun tubuh, Jurnal Pengabdian Vokasi, 2(2), 150–161.

Taufiqurrahman, M., & Pijaryani, I. (2023). Antibacterial activity test of cinnamon bark extract (Cinnamomum burmannii) against Escherichia coli and Streptococcus aureus. Asian Journal of Natural Sciences, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.55927/ajns.v2i1.3225

User, M., Kusumaputri, V. S., & Hendrix, T. (2016). Bioprospeksi tumbuhan obat tradisional dalam peningkatkan potensi obat tradisional berbasis kearifan lokal. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 4(2), 133–146. https://doi.org/10.35450/jip.v4i02.65

Yudha, S. (2023). Pelatihan pembuatan minuman herbal sebagai upaya peningkatan imun tubuh pada warga Desa Mencirim Kota Binjai. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 305–312. https://doi.org/10.52434/jpm.v2i3.2806

Published
2025-10-15
How to Cite
Erika, F., Hartati, Y., Maghfirah, N., Nursilawati, N., Rahmadani, F. N., & Wahyuni, L. R. (2025). Pendampingan Guru IPA dalam Penyusunan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis STEAM Terintegrasi Etnosains. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 10(3), 643-650. Retrieved from https://www.jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/jppm/article/view/1339