http://www.jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/kaffah/issue/feed Kaffah: Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan 2025-08-16T09:30:27+07:00 Hani Muflihah neeeeey@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Kaffah dibawah naungan Fakultas Agama Islam Universitas Mathla’ul Anwar Banten dengan terbitan perdananya Desember 2022. Jurnal ini&nbsp; terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Desember dan Juni yang berfokus pada studi keislaman.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> http://www.jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/kaffah/article/view/1439 EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SDIT AL IZZAH SERANG 2025-08-08T10:01:57+07:00 Muhammad Arifin Arifin jpjaprot@gmail.com Hamdanah danahfadil28@gmail.com Nuryati nuryatiunma@gmail.com Deden Hidayat dedenhidayat@unmabanten.ac.id Epi Hasan Rifai epihasan1971@gmail.com Siti Nurbani sitinurbani669@gmail.com Afdi Maulfianti afdisabdafianti@gmail.com Dede Mulyati dede.mulyati988@gmail.com <p>The research used is a mixed methods approach with a sequential explanatory design. The quantitative phase involved a survey with questionnaires administered to teachers and guardians to measure their perceptions of the implementation and benefits of extracurricular programs. Quantitative data were analyzed descriptively and inferentially. The qualitative stage was conducted through in-depth interviews with school officials, extracurricular supervising teachers, and student guardian representatives to explore more in-depth information regarding the experiences, challenges, and successes of the program in shaping student character.</p> <p>The quantitative research results showed a high level of satisfaction and positive perceptions of the extracurricular program from teachers and student guardians. Qualitative analysis reinforces these findings by revealing how various extracurricular activities such as scouting, arts, and sports provide opportunities for students to develop character values such as discipline, cooperation, responsibility, independence, and self-confidence. Further discussion elaborates on the factors that support the success of the program and provides recommendations for improving the implementation of extracurricular programs at SDIT Al Izzah Serang so that their contribution to students' character development becomes more optimal.</p> <p>Keywords: Program Evaluation, Extracurricular, Character,</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Kaffah: Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan http://www.jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/kaffah/article/view/1450 ANALISIS PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MI DARUL HUDA CIBADAK 2025-07-30T17:09:39+07:00 Dirga Ayu Lestari dirales@gmail.com Lisnawati lisna lisnawati65446@gamil.com <p>Penanaman sikap disiplin dapat dilakukan melalui pembiasaan yang yang rutin dilakukan, contoh dan teladan yang baik dari guru. Pembiasaan merupakan cara yang dapat dilakukan dalam membentuk karakter pada anak salah satunya melalui pembiasaan shalat dhuha. Dalam usaha membentuk karakter siswa MI DARUL HUDA CIBADAK memiliki sebuah program keagamaan. Program keagamaan yang dilaksanakan di lembaga madrasah MI DARUL HUDA adalah kegiatan sholat Dhuha berjamaah yang rutin dilaksanakan setiap pagi sebelum masuk proses pembelajaran.</p> <p>Tujuan dalam penelitian ini yaitu Menganalisis Pembiasan Sholat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Siswa yang dilakukan secara rutin dilaksanakan di MI DARUL HUDA CIBADAK. Penelitian ini juga diharpkan dapat memberikan motivasi kepada lembaga madrasah yang lain untuk menerapkan program keagaaman seperti pembiasaan shalat dhuha untuk membentuk karakter disiplin anak. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan observasi secara langsung di lapangan dengan menggunakan instrument pedoman pengamatan, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan melewati tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitian bertempat di MI DARUL HUDA CIBADAK. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan di MI DARUL HUDA CIBADAK dilakukan di masjid dan dipimpin oleh guru. Bersama guru terlebih dahulu mempersiapkan hal-hal yang mendukung dalam kegiatan pembiasaan Dengan adanya pembiasaan solat dhuha, karakter siswa khususnya dalam karakter disiplin siswa dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang dapat melaksanakan peraturan sekolah dengan baik, mengikuti pembelajaran dengan efektif</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Kaffah: Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan http://www.jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/kaffah/article/view/1442 Pemanfaatan Media Digital dalam Bina Pribadi Islam: Upaya Penguatan Karakter Islami Siswa SMPIT Al-Manar Pangkalan Bun Kotawaringin Barat 2025-08-08T09:45:10+07:00 M. Misbahul Ulumudin Ulum jendralulum86@gmail.com Nadia Arifatul Khoiri Fauzi nadiaarifatul@gmail.com Isnani Zakiyah isnanizakiyah@gmail.com <p><em>This study aims to investigate how digital media builds Islamic character of students at SMPIT Al-Manar Pangkalan Bun. This is based on the fact that young people often use digital media without being guided by Islamic values. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan case study. Observations, interviews, and documentation were used to collect data. Hasil menunjukkan bahwa guru telah mendukung aktivitas Bina Pribadi Islam (Islamic Personal Development) dengan menggunakan digital media, seperti video pengajaran Islam, konten Islamic di YouTube, dan aplikasi pembelajaran Qur'an.</em></p> <p><em>Reading the Qur’an, praying on time, and polite behavior improved as a result of digital media helping students build their Islamic character. However, issues such as excessive use and lack of supervision of media remain. This study finds that digital media can be useful for teaching Islamic character to students if used properly and with control.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> digital media, Islamic character, Islamic personal development, SMPIT, religious education</em></p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Kaffah: Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan http://www.jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/kaffah/article/view/971 TANTANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2025-08-16T09:30:27+07:00 Islam Madina islamadina2003@gmail.com Adi Putra adiputra@gmail.com <p>Pengawasan penting dalam dunia pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar sampai ekolah menengah atas. Adapun tantangan yang dihadapi oleh pengawas pendidikan dalam perubahan kurikulum seperti kurang maksimalnya potensi guru terhadap materi yang diberikan kepada siswa. Kolaborasi guru dan pengawas pendidikan menjadi kunci utama, hal tersebut memudahkan tercapainya tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tantangan dan strategi pengawasan pendidikan menghadapi perubahan kurikulum. Selain itu, peneliti juga meneliti masalah yang terjadi pada guru saat melakukan kegiatan belajar mengajar dalam kelas sesuai dengan kurikulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dalam penelitian ini peneliti menguraikan secara jelas. Peneliti melakukan wawancara dengan pengawas dan guru di lembaga pendidikan. Pengumpulan data kualitatif memudahkan koresponden memahami hasil yang didapatkan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang terdiri dari 10 orang guru dan 10 orang pengawas pendidikan. Sampel penelitian memiliki karakteristik yang berbeda, seperti koresponden memiliki pengetahuan cukup terkait masalah strategi pengawasa pendidikan menghadapi perubahan kurikulum. Peneliti juga menggunakan instrument peneliti yang dilakukan, seperti melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan alat seperti papan tulis. Tentunya memudahkan guru dan siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa tantangan dan strategi pengawasan pendidikan menghadapi perubahan kurikulum memberi pengaruh baik bagi guru.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Kaffah: Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan http://www.jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/kaffah/article/view/1474 Prinsip-prinsip Penerapan al-Tsawab (Reward) dan al-‘Iqab (Punishment) dalam Pendidikan Islam 2025-08-05T16:05:33+07:00 Agus Samsudin agussamsudin575@gmail.com <p><strong>Abstract</strong></p> <p>This study aims to determine the principles of applying al-tsawab (reward) and al-iqab (punishment) in Islamic education. This study employed library research as the research method. The analysis was then conducted using descriptive-analytical content analysis, using sources consisting of articles, journals, and books related to the research topic. The findings of this study indicate that the use of al-tsawab (reward) and al-iqab (punishment) methods must adhere to established guidelines and regulations. Providing rewards and punishments that ignore these principles will lead to conflict between students and even between students and teachers. Rewards should be purely motivating for students. Motivation that leads to a better learning process is crucial. Likewise, punishment should be given to students to prevent mistakes and negligence.</p> <p>Keywords: Principles, al-Tsawab, al-Iqab, Islamic Education</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prinsip-prinsip dalam penerapan <em>al-tsawab (</em><em>reward</em><em>)</em> dan <em>al-iqab (</em><em>punishment</em><em>)</em> dalam pendidikan Islam. Metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode studi riset kepustakaan <em>(library research),</em> Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi <em>(contentan alysis)</em> yakni berupa deskriptif-Analitik dengan sumber-sumber yang terdiri dari artikel, jurnal, dan buku-buku yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah bahwa dalam menggunakan metode <em>al-tsawab (</em><em>reward</em><em>)</em> dan <em>al-iqab (</em><em>punishment</em><em>)</em> haruslah mengikuti rambu-rambu dan juga aturan-aturan yang ada. Pemberian <em>reward</em> dan <em>punishment</em> yang tidak memperhatikan prinsip dalam pelaksanaaanya akan menimbulkan suatu konflik antara siswa dan siswa bahkan antara siswa dengan guru itu sendiri. Dalam pemberian <em>reward </em>haruslah murni sebagai motivasi bagi peserta didik. Motivasi yang mengantarkan jauh lebih baik dalam menjalani proses belajar mengajar. Demikian pula dalam pemberian <em>punishment</em> kepada peserta didik haruslah dilakukan dalam upaya pencegahan dari berbuat salah dan kelalaian.</p> 2025-08-05T16:05:33+07:00 Copyright (c) 2025 Kaffah: Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan http://www.jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/kaffah/article/view/1475 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKWIDGETS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASII BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR 2025-08-05T16:27:18+07:00 Dadang Zenal Mutaqin dadangzm468@gmail.com Euis Latipah islahaza@gmail.com Nur Ismi Sakinah isminursakinah979@gmail.com <p><em>This study aims to evaluate the effectiveness of using BookWidgets as a digital learning media to enhance students' learning motivation in Islamic Religious Education (PAI) at SMP Islam Cendekia Cianjur. The background of the research stems from the low utilization of digital media by teachers and the lack of student engagement in conventional learning models. As an interactive platform, BookWidgets is considered capable of delivering material more attractively through features such as quizzes, game-based questions, visual materials, and automatic evaluation. The research employed a descriptive qualitative approach using a case study method. Data were collected through observation, interviews, and documentation involving PAI teachers, students, and the vice principal for curriculum. The findings indicate that the use of BookWidgets significantly enhances students' learning motivation. The platform not only makes the learning process more enjoyable and interactive but also fosters student independence and accelerates content comprehension. The effectiveness of this media is strongly influenced by the teacher's ability to design adaptive and meaningful instruction.</em></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media pembelajaran <em>Bookwidgets</em> dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Cendekia Cianjur. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya pemanfaatan media digital oleh guru serta kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran konvensional. <em>Bookwidgets </em>sebagai platform digital interaktif dinilai mampu menyajikan materi dengan cara yang lebih menarik melalui fitur seperti kuis, soal berbasis game, visualisasi, dan evaluasi otomatis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru PAI, siswa, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan <em>Bookwidgets </em>mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Media ini tidak hanya membuat proses belajar menjadi menyenangkan dan interaktif, tetapi juga mendorong kemandirian siswa serta mempercepat pemahaman materi. Efektivitas media ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam merancang pembelajaran yang adaptif dan bermakna.</p> 2025-08-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Kaffah: Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan http://www.jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/kaffah/article/view/1476 TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PAI DAN IMPLIKASI GAYA BELAJAR SISWA DI SDN 4 KEUSIK 2025-08-05T16:40:00+07:00 Syerli Apri Rahmawati syerliapri4@gmail.com Nisaul Fadilah nisaulfadilah429@gmail.com Mumu Zainal Mutaqini mumu.zainal.mutaqin@gmail.com Saepul Bahri muruypisan@gmail.com M. Muslim m.muslim@unmabanten.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan dampaknya terhadap gaya belajar siswa di SDN 4 Keusik. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pembelajaran PAI di sekolah semakin didorong untuk memanfaatkan berbagai media digital yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Teknologi yang digunakan mencakup berbagai aplikasi, video pembelajaran, dan platform e-learning yang diharapkan dapat mengakomodasi beragam gaya belajar siswa, seperti visual, auditori, dan kinestetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi pembelajaran PAI di SDN 4 Keusik memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Selain itu, teknologi tersebut juga memperlihatkan dampak yang signifikan terhadap cara siswa belajar, dengan beberapa siswa cenderung lebih mudah memahami materi melalui media visual, sementara yang lainnya lebih mudah menyerap informasi melalui pendekatan audio atau interaksi langsung. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penyesuaian penggunaan teknologi dengan gaya belajar masing-masing siswa agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik di SDN 4 Keusik terus mengembangkan dan memanfaatkan teknologi secara kreatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.</p> 2025-08-05T16:40:00+07:00 Copyright (c) 2025 Kaffah: Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan