ANALISIS PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MI DARUL HUDA CIBADAK

  • Dirga Ayu Lestari Sekolah Tinggi Agama Islam KH. Abdul Khabir
  • Lisnawati lisna STAI KH ABDUL KABIER

Abstract

Penanaman sikap disiplin dapat dilakukan melalui pembiasaan yang yang rutin dilakukan, contoh dan teladan yang baik dari guru. Pembiasaan merupakan cara yang dapat dilakukan dalam membentuk karakter pada anak salah satunya melalui pembiasaan shalat dhuha. Dalam usaha membentuk karakter siswa MI DARUL HUDA CIBADAK memiliki sebuah program keagamaan. Program keagamaan yang dilaksanakan di lembaga madrasah MI DARUL HUDA adalah kegiatan sholat Dhuha berjamaah yang rutin dilaksanakan setiap pagi sebelum masuk proses pembelajaran.

Tujuan dalam penelitian ini yaitu Menganalisis Pembiasan Sholat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Siswa yang dilakukan secara rutin dilaksanakan di MI DARUL HUDA CIBADAK. Penelitian ini juga diharpkan dapat memberikan motivasi kepada lembaga madrasah yang lain untuk menerapkan program keagaaman seperti pembiasaan shalat dhuha untuk membentuk karakter disiplin anak. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan observasi secara langsung di lapangan dengan menggunakan instrument pedoman pengamatan, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan melewati tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitian bertempat di MI DARUL HUDA CIBADAK. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan di MI DARUL HUDA CIBADAK dilakukan di masjid dan dipimpin oleh guru. Bersama guru terlebih dahulu mempersiapkan hal-hal yang mendukung dalam kegiatan pembiasaan Dengan adanya pembiasaan solat dhuha, karakter siswa khususnya dalam karakter disiplin siswa dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang dapat melaksanakan peraturan sekolah dengan baik, mengikuti pembelajaran dengan efektif

Published
2025-06-30