IMPLEMENTASI MORNING BRIEFING INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT MENGAJAR GURU DI SD SAINS AL-BIRUNI

  • Herina Arafah Nasution universitas muhammadiyah bandung
  • Tuti Alawiyah Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Putri Wulan Dari Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Trizky Widiyarsih
  • Nisa Komalasari Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Miftahul Huda Universitas Muhammadiyah Bandung
Keywords: integrative morning briefing, teaching spirit, teacher motivation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi morning briefing integratif dalam meningkatkan semangat mengajar guru di SD Sains Al-Biruni. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik, dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan morning briefing integratif yang menggabungkan elemen spiritual, intelektual, dan profesional secara signifikan meningkatkan motivasi intrinsik guru. Pembacaan ayat-ayat Al-Qu’ran dan ikrar pendidik dalam kegiatan ini memberikan makna yang lebih dalam terhadap tugas mengajar, menciptakan lingkungan kerja yang positif, dan berdampak pada kualitas pembelajaran siswa. Temuan ini merekomendasikan penerapan morning briefing integratif sebagai model untuk meningkatkan semangat dan motivasi guru di sekolah lain.

Published
2024-12-31